MESIN TROMOL SEDERHANA UNTUK PENGOLAHAN EMAS

mesin tromol

Proses amalgam atau pengolahan batuan emas dengan menggunakan mesin tromol ini adalah teknik pengolahan batuan emas yang paling sederhana dan termurah serta biasanya digunakan oleh para penambang dalam skala kecil. Dalam pengolahan batuan emas menggunakan mesin tromol alat yang paling di butuhkan untuk pengolahannya adalah sebuah mesin tromol yang fungsinya sebagai penghancur dan penangkap emas dari bahan batuan emas dan alat ini terbuat dari drum besi. Banyak sebagian orang awam tidak mengetahui bentuk dan cara kerja mesin tromol ini dan Untuk mesin tromol ini dapat kita buat sendiri secara sederhana.

CARA PEMBUATAN MESIN TROMOL

Potong sebuah besi pipa drum yang ketebalan besi minimal 5 mm, dan lebih tebal besi lebih bagus untuk ketahanan mesin tromol serta masa pemakaian bisa tahan lama untuk digunakan, karena mesin tromol ini fungsinya penggerus batuan sehingga besi drum semakin lama juga akan menipis. Untuk panjang mesin tromol  kurang lebih 75 cm dan diameter tengah antara 28 cm, namun jika anda ingin menyesuaikan tempat bisa di buat dengan keinginan  sendiri , namun yang paling terpenting ukuran  jangan terlalu besar, agar hasil pengolahan nantinya bisa maksimal.

15102011(001)Kemudian setelah di potong, tutup bagian kedua sisi lubang mesin tromol dengan plat besi, jangan sampai ada lubang, seperti gambar di atas, dan berikan sebuah besi As panjang di lingkaran tengah yang nanti fungsinya untuk as pemutar dari mesin tromol.

TEMPAT UNTUK MEMASUKKAN BATUAN MATRIAL 

Untuk tempat memasukkan bahan matrial , lubagi bagian dari drum di sebelah sisi kiri atau kanan dan jangan di tengah bagian drum. Untuk lubang bisa di buat secara persegi atau bulat, dan ingat sisa dari potongan nanti dijadikan penutup ulang dan nanti pada bagian penutup anda lapisi diatasnya dengan besi yang sama seperti gambar dibawah ini

GAMBAR BAGIAN ATAS                                 GAMBAR DARI SAMPING

                 15102011(003)15102011(002)

GAMBAR PENUTUP TROMOL

mesin tromol

INGAT PENUTUP HARUS SESUAI DENGAN LUBANG TROMOL DAN NANTI JANGAN SAMPAI SAAT DIGUNAKAN TERDAPAT KEBOCORAN, KARENA TROMOL INI HARUS KEDAP TERHADAP AIR SAAT DIGUNAKAN.

Kalau semua tromol sudah terpasang, tinggal kita letakkan pada penyangga besi. seperti gambar di bawah ini, dan Ingat pemasangan mesin tromol tidak boleh miring ke kanan atau ke kiri, jadi harus secara lurus horisontal.

mesin tromol

Untuk besi dalam yang digunakan sebagai penghancur batuan terbuat dari bahan As roda yang besar dan terdiri dari 2 pasang besi besar dan kecil, atau bisa juga 2 besar dan 1 kecil, untuk panjang besi dalam tromol, sisakan 10 cm dari panjang tabung tromol, karena besi ini nantinya bisa dimasukkan dan dikeluarkan dari mesin tromol dan bukan paten dalam tromol.

15102011(005)

klik CARA PENGOLAHAN MESIN TROMOL

Advertisements