Retort Mercury Pengolahan Batuan Emas Dengan Mesin Tromol Secara Sederhana

logam emasRetort  emas dari merkuri atau proses penyulingan air raksa dari merkuri hasil dari pengolahan batuan emas dengan mesin tromol  adalah proses pemisahan antara logam emas dan merkuri dari Proses Pengolahan Emas Dengan Mesin Tromol  Atau Gelondong.  Mungkin para penambang emas belum banyak yang mengetahui cara penyulingan air raksa (MERKURI) yang telah terikat pada kandungan emas hasil dari gelondongan. Untuk menyiasati Agar merkuri anda yang terdapat pada logam emas yang telah terikat tidak hilang secara cuma cuma dan dapat digunakan kembali maka anda dapat menyiasati dengan apa yang kami lakukan saat ini , karena selama ini banyak para penambang yang secara langsung membakar kandungan logam emas yang masih bercampur dengan air raksa (MERKURI) tersebut sehingga merkuri tersebut hilang menjadi gas asap yang bisa membahayakan diri anda sendiri.  Cara yang mereka lakukan sangat berbahaya dan membahayakan keselamatan jiwa mereka seolah-olah proses pencairan dilakukan secara simultan, asap gas dari uap merkuri akan terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Untuk menghapus semua logam terlarut  oleh merkuri, maka perlu dilakukan sebuah proses retort atau filter, sebelum proses peleburan mineral emas. Untuk menyiasati bahwa merkuri yang terkandung dalam logam emas pasti akan menghilang,  maka dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti  yang kami lakukan saat ini.

BAHAN YANG DIGUNAKAN :

hasil emasala e

  • Pipa stainless still, Untuk ukuran pipa yang digunakan bisa menggunakan pipa ukuran 1 dim , 1,5 dim atau pipa yang digukanan seperti pada pipa yang digunakan seperti pada pipa yang dipakai sebagai supply air Pam sumur. Namun yang terpenting emas yang telah air raksa ( MERKURI ) tersebut dapat masuk ke dalam pipa. Bengkokkan pipa stainless tersebut seperti gambar di atas, pada bengkokan usahakan menyempit lubang tersebut. Penutup lubang bagian atas stainless still. Anda bisa menggunakan batu bata , atau besi. Untuk penutup hanya di gunakan untuk memasukkan hasil dari perasan emas yang telah terikat. Dan penutup ini harus benar – benar rapat. Anda bisa menggunakan bahan lain sebagai penutup asalkan mudah untuk diambil kembali.
  • BASKOM : Bahan baskom bisa menggunakan baskom plastik atau stainless still , dan untuk ukuran pun sedang atau besar. Bahan baskom dari logam baik digunakan, karena bila terkena panas tidak mudah meleleh.

 

CARA KERJA PROSES RETORT / PENYULINGAN

pengolahan emaslogam emas

  • Masukan air ke dalam baskom, dengan ketinggian air sampai menutup lubang keluar dari pipa stainless bagian bawah, sehingga uap merkuri tidak akan keluar.  Masukkan hasil dari perasan tromol ( logam emas yang telah terikat dengan merkuri ) ke dalam pipa stainless melalui lubang atas, dan kemudian tutup rapat pada bagian atas lubang dengan penutup dan usahakan lubang pada bagian atas tertutup dengan rapat, sehingga uap dari merkuri tidak keluar melalui atas lubang. Dan tempatkan pipa dalam posisi miring

goldmerkuri

  • Kemudian secara perlahan bakar dengan menggunakan burner pembakaran pada bagian sudut siku, di mana pada sudut siku tersebut terdapat bulatan logam hasil dari pengolahan batuan emas dengan mesin tromol. Dan untuk proses pembakaran dilakukan selama sekitar 10 menit atau 15 menit, sampai air raksa turun ke bawah air

konsentrat emasKemudian setelah selesai pembakaran, dingin kan dahulu pipa stainless still tersebut, atau masukkan setengah dari pipa yang panas tadi kedalam air agar cepat dingin, dan buka penutup tersebut, lalu tinggal anda ambil hasil dari penyulingan air raksa tersebut. Dan kemudian siap untuk dilebur untuk dijadikan sebuah logam.

INGAT UNTUK MENGHINDARI BERBAGAI KEMUNGKINAN PADA KESEHATAN ANDA SELALU GUNAKANLAH MASKER DALAM PROSES PEMBAKARAN 

Advertisements